Tumbuhan Pemakan Hewan

1
258

Sahabat Dunia Otan, ternyata ada juga lho tumbuhan yang bisa makan hewan, kirain cuma hewan aja yang bisa makan tumbuhan, hehe. sebenaranya apa sih tumbuhan pemakan hewan dan bagaimana cara mereka makan? yuk kita simak sama-sama

Tanaman pemakan hewan atau tanaman karnivora adalah tanaman yang memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi mereka dengan cara menangkap dan memakan hewan yang biasanya adalah serangga dan hewan-hewan kecil. Sifat karnivora ini adalah suatu bentuk adaptasi tanaman agar mampu bertahan di kondisi tanah yang miskin akan nutrisi. Ada setidaknya 583 spesies yang bisa menarik, menangkap dan membunuh mangsannya kemudian menyerap nutrisi yang berasal dari mangsa. Dan ada lebih dari 300 sepsies tanaman protocarnivorous yakni tanaman yang mampu menangkap dan membunuh mangsanya namun tidak mampu secara langsung menyerap nutrisi dari korban nya.

Mekanisme penjebakan

kantongsemar

terdapat 5 macam mekanisme penjebakan yang ditemukan pada tanaman karnivora

  1. Pitfall traps atau lubang perangkap, menjebak mangsa dengan daun yang menggulung berisi cairan enzim atau bakteri
  2. Flypaper traps, menggunakan cairan yang lengket untuk menjebak serangga atau hewan kecil
  3. Snap traps, menangkap mangsa dengan menggunakan gerakan daun yang cepat.
  4. Bladder traps, menyedot mangsanya menggunakan bladder yang menghasilkan vakum
  5. Lobster-pots juga dikenal sebagai perangkap belut, memaksa mangsa masuk ke organ pencernaan

Perangkap pada tanaman karnivora ada yang pasif namun juga ada yang aktif tergantung apakah ada pergerakan sesudah mereka menangkap mangsanya. Sebagai contoh Triphyophyllum adalah flypaper pasif, karena meskipun menghasilkan mucilage (cairan lengket) daun nya sama sekali tidak bergerak untuk merespon mangsa yang tertangkap. Sedangkan sundews adalah flypaper aktif karena daun nya bergerak aktif saat ada mangsa yang tertangkap.

Pitfall traps

H_chimantensis2

 

pitfall trap merupakan perangkap pasif pada tanaman karnivora. Bekerja dengan cara menarik mangsanya menggunakan nektar dan perangkap yang berbentuk seperti bunga yang cerah. pinggiran dalam pada lubang sangat licin sehingga menyebabkan mangsanya terpeleset dan jatuh ke dalam perangkap. mangsa yang jatuh ke dalam perangkap kemudian diuraikan menggunakan enzim pencernaan untuk kemudian nutrisinya diserap oleh tanaman.

Flypaper traps

441px-Drosera_capensis_bend

Daun dari Flypaper trap menghasilkan cairan yang sangat lengket seperti lem yang digunakan untuk menangkap serangga dan hewan kecil. Tanaman ini menarik mangsanya dengan aroma wangi dan daun yang berwarna cerah. Saat ada serangga hinggap maka akan langsung terperangkap oleh cairan lem dan pada beberapa spesies seperti drosera, daun nya akan menggulung menyelimuti korbannya untuk memastikan mangsa tidak akan lolos.

Snap traps

01401904-1200x800

Tanaman ini memiliki daun yang terdiri dua cuping yang bagian dalam nya berwarna cerahdan menghasilkan aroma yang wangi untuk menarik mangsa. Daun inilah yang digunakan sebagai perangkap. pada bagian dalam masing-masing cuping terdapat rambut-rambut halus yang sangat sensitif terhadap sentuhan. saat rambut-rambut ini tersentuh maka kedua cuping akan dengan cepat menutup dan memerangkan hewan yang ada di dalam nya. tanaman ini punya memori sederhana pada daun nya untuk menghindari menutup oleh air hujan, yakni untuk bisa menutup, 2 stimulus harus diberikan terpisah dalam rentang waktu 0.5 sampai 30 detik. waktu pencernaan memakan waktu 1 sampai 2 minggu dan daun nya dapat digunakan kembali sebanya 3 sampai 4 kali.

Bladder traps

797px-Uk_pond_bladderwort2

Tanaman ini menghasilkan ruang vakum di dalam bladder (kantung) melalui osmosis. bladder ini mempunyai bukaan kecil dengan tutup. Saat ada serangga yang menyentuh tututpnya maka tutup akan langsung terbuka dan serangga akan tersedot masuk kedalam bladder.

Lobster-pots

Genlisea_violacea_giant

mekanisme dari tanaman ini adalah membuat ruangan yang mudah dimasuki namun sulit untuk keluar. pada tanaman Genlisea, tanaman air ini menggunakan daun yang berbentuk Y yang menjalar ke segala arah, membuat hewan hewan kecil bisa masuk tapi tidak untuk keluar.

Wikipedia Carnivorous Plant

***

sahabat dunia otan, untungnya tanaman-tanaman ini hanya memakan serangga dan hewan-hewan kecil. coba kalau ukuran nya besar ya, mungkin bisa jadi tumbuhan pemakan manusia 

great-clips-venus-flytrap-large-2

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here