Dari mana tumbuhan mendapatkan massa?

2
173

Hai sahabat Dunia Otan, pernahkah kalian bertanya-tanya saat sebuah pohon bertambah besar, dari mana pohon tersebut mendapatkan massa nya?

banyak dari kalian mungkin akan menjawab dari tanah. masuk akal juga ya sebab pohon membutuhkan tanah dengan banyak unsur hara untuk bisa tumbuh dengan baik. hanya saja saat otan melakukan percobaan menanam tanaman dalam pot, dimana tanah yang digunakan terlebih dulu ditimbang kemudian ditanam biji tanaman didalamnya yang juga telah ditimbang. Setelah beberapa waktu dan tanaman telah tumbuh besar tanaman tersebut dicabut dan ditimbang lagi. Tanah yang digunakan pun ditimbang lagi untuk membandingkan. Dan hasilnya adalah pertambahan masa tanaman jauh lebih besar dibanding jumlah massa tanah yang hilang. kok bisa? darimana tanaman tersebut mendapatkan massanya sementara massa dari tanah yang hilang jauh lebih kecil dibandingkan pertambahaan massa pada tanaman?

Jawabannya sebenarnya cukup sederhana jika kita mencermati apa yang terjadi dalam proses fotosintesis. Jawabannya tidak lain tidak bukan adalah Karbon. Masa dari pohon kebanyakan tersusun atas Karbon. Karbon ini berasal dari karbon dioksida yang diserap saat tumbuhan melakukan fotosintesis. Saat proses fotosintesis terjadi tanaman mengubah energi matahari menjadi energi kimia untuk menangkap dan menyerap molekul molekul karbon dioksida yang ada diudara dan dalam prosesnya kemudian  melepaskan oksigen dan sedikit molekul air. proses fotosintesis itu sendiri sebenarnya adalah proses yang dilakukan oleh tanaman untuk bisa menangkap molekul karbon dioksida di udara.

tree-338211_960_720

Tanaman menggunakan energi dari karbon  yang didapatkan dari proses fotosintesis untuk bertahan hidup dan beraktifitas. proses ini disebut respirasi cellular. hanya saja dari proses tersebut masih terdapat molekul karbon yang tersisa. molekul inilah yang digunakan tanaman untuk menambah massa nya dan membuatnya bisa bertambah besar.

Tanah berperan untuk menyokong tubuh tumbuhan melalui akar nya. Tanah juga berperan menyediakan air yang diperlukan untuk fotosintesis dan juga menyediakan nutrisi  yang diperlukan bagi tanaman. Kendati demikian, Tanah itu sendiri tidak digunakan oleh tanaman untuk menambah massa nya.

Michigan-Tree

nah sahabat dunia otan, begitulah tentang dunia tumbuhan. ternyata pohon bisa bertambah besar dengan cara menyerap karbon dioksida yang ada di udara. Bisa dibilang pohon mendapatkan massa nya dari udara yang kita hembuskan saat bernafas. Dan antara manusia dan tumbuhan memang saling membutuhkan, Kita menghasilkan karbon dioksida yang diperlukan tanaman untuk hidup dan bertambah besar dan dari proses itu tanaman pun menghasilkan oksigen yang kita perlukan untuk bernafas, sungguh timbal balik yang luar biasa ya. Semoga dengan artikel ini kita bisa terus menjaga kelestarian alam 

cukup sekian dari Dunia Otan, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here