Kodok Surinam

2
447

Hai Sahabat Dunia Otan, pernahkan kalian mendengar tentang kodok surinam? Makhluk cantik bernama kodok surinam atau juga dikenal dengan surinam toad ini mempunyai bentuk gepeng dengan kepala runcing, kulit nya kasar dan berwarna kecoklatan. Pada keempat kaki nya terdapat selaput tipis yang berbentuk seperti bintang. habitat nya berada di sungai-sungai berlumpur dan rawa di hutan hujan amerika selatan. Kodok surinam bisa tumbuh hingga mencapai panjang 13 sampai 20 cm. Kodok surinam sebenarnya masuk dalam jenis katak namun karena kulitnya yang kasar banyak yang menyebutnya kodok atau toad.

surinam_01

kodok surinam sangat tenang di dalam air. dengan bentuknya yang datar dan warna nya yang kecoklatan jika sekilas dilihat akan nampak seperti batu atau daun tua dan ini merupakan sebuah kamuflase untuk menipu mangsa maupun predator.

Kodok Surinam merupakan karnivora yang menangkap mangsa nya dengan serangan tiba-tiba dengan cara berdiam diri di dalam air sambil menunggu ada mangsa yang lewat. Saat surinam toad merasakan ada nya gerakan dengan selaput nya yang berbentuk seperti bintang, kodok ini akan menekuk lutut nya dan langsung menyergap mangsanya kemudian memakan nya bulat-bulat. . Makanan Kodok suriname ini adalah hewan-hewan kecil, ikan kecil dan invertebrata. Kodok Surinam tidak mempunyai gigi sehingga akan langsung menelan seluruh tubuh mangsanya secara utuh.

surinam_03

Meskipun kodok surinam memiliki bentuk tubuh yang unik namun kodok ini lebih dikenal karena kemampuannya berkembang biak. Membuat merinding tapi menakjubkan. Tidak seperti kodok atau katak lain yang menarik betina menggunakan suara kung kong kung kong, kodok surinam jantan menarik betina dengan membuat suara klik didalam air. Betina akan mengeluarkan sekitar 60 sampai 100 telur, kemudian sang jantan akan membuahi nya dan melekatkan telur-telur itu ke punggung belakang kodok betina. Dalam beberapa hari kulit punggung dari kodok surinam betina akan tumbuh ke atas membentuk seperti sarang lebah hingga kemudian sepenuhnya menutupi seluruh telur-telur yang ada di punggung nya.

surinam

Dalam fase ini telur telur tersebut berada di bawah kulit punggung kodok surinam betina. Setelah menetas, kodok kodok kecil ini masih akan berada di dalam kulit punggung induk nya dan terus berkembang hingga 3 sampai 4 bulan. setelah siap, anak kodok yang telah sepenuhnya berbentuk kodok akan menggeliat dan mendorong keluar agar bisa keluar dari kulit induknya. Anak anak kodok surinam pun bermunculan dari kulit punggung induk nya. Saat mereka siap maka mereka akan keluar dari kulit induk nya dan langsung menuju permukaan air untuk bernafas dan siap untuk hidup tanpa bantuan induknya.

surinam

Klasifikasi Kodok Surinam
Class Amphibia (Amphibians)
Order Anura
Family Pipadae
Genus Pipa
Species Pipa
Fakta Ilmiah dari Kodok Surinam
Umur Hidup 8 tahun
Waktu Inkubasi 12 sampai 20 minggu
Jumlah telur 60 sampai 100 telur
Umur dewasa 2 sampai 3 tahun
Ukuran 10 sampai 20 cm
Berat 100 sampai 160 gram
Ukuran saat menetas kurang dari 2 cm

video dari national geographic tentang kodok surinam yang sedang beranak

kebun binatang zan diego

wikipedia tentang kodok suriname

***

sahabat dunia otan mungkin banyak dari kalian yang akan merinding melihat foto atau video kodok suriname yang sedang beranak ya tapi justru dari situlah kodok ini menjadi unik, semoga kita bisa selalu menjaga kelestarian alam agar makhluk-makhluk unik dan menarik seperti ini bisa tetap hidup

2 KOMENTAR

  1. Bentuknya gepeng bisa nggak sadar kalau itu adalah kodok ‘-‘… merinding juga saat anak anaknya keluar dari kulit punggung induknya.. berasa ngilu.. Tapi artikelnya keren ^^ jadi tau tentang kodok ini.. Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here